10/20/2011

Jelajah Pantai Anyer, Kabupaten Serang

Matahari masih malu-malu mengeluarkan sinarnya, padahal saat itu tepat pukul 12.00 wib. Namun tidak merubah niat saya melakukan perjalaan hari ini, 8 oktober 2011. Perjalanan kali ini sangat lancar, jalan tol yang biasa saya lalui padat merayap, tapi kali ini dengan kecepatan 100 KM/jam pun tidak masalah.  Wussshhhh....!!!

Jalan-jalan kali ini kembali mengunjungi pantai, padahal sabtu lalu saya bermalam di pantai Ancol, tapi target saya kali ini adalah mendapatkan tempat terindah di anyer. (survai sob, ^-*)

Langkah pertama saya tepakan kaki di pantai Cibeureum. Untuk masuk kepantai ini, kita telah disapa oleh puluhan pohon kelapa hijau yang menjulang. Ditambahlagi terpaan angin pantai yang langsung membuat gerah ini hilang. Tapi sayang, pantainya tak sesuai yang saya inginkan, dibibir pantai karang-karang hitam membuat tidak nyaman. Yah pastinyanya ini pantai gak bisa dipakai untuk berenang, surving dan sekedar menginjak pasir pantai serta deburan ombak yang sangat saya idamankan.

pantai ciberem
Tapi, buat temen-teman yang mau kepantai ini, cukup siapkan uang 50.000 untuk mobil pribadi, 10.000 untuk sepeda motor, dan 400.000 untuk rombongan yang menggunakan Bus Besar.

Kembali saya pasang mata untuk menemukan pantai yang tidak ada karang, sepi dan nyaman. Sebetulnya tidak lah sulit mencarinya, hanya saja saya ingin menemukan suasana baru dipantai anyer. Hampir setiap tahun pantai anyer sebagai tempat wisata pilihan saya.

Pantai Anyer memang sangat pas untuk menjadi pilihan tempat berlibur Anda, selain pantainya yang bersih serta ombaknya yang masih bersahabat, kita juga bisa menikmati beragam fasilitas permaina pantai.

Dua, tiga pantai saya temui, namun belum satupun saya temukan lokasi pantai yang cocok untuk tempat gathering 15 oktober nanti, ICU#2. Nah jadi perjalana saya kali ini adalah booking tempat untuk acara IPP Colaboration For You Vol.2 dan perjalanan saya kali ini pun di temanani crew survai ICU#2.

nego harga ^^

Lama mencari lokasi yang T.O.P akhirnya ketemulah pantai yang sampe saat ini saya belum tahu namanya, (hihihihih Lupa nanya) yang pasti itu pantai ada dibilangan pandeglang-kabupaten serang-Banten, jadi dari pantai CARITA jaraknya masih sekitar 500m lagi. Dan sebelah kanan dari Vila lagundi, 100M.

Melihat hemparan ombak di pantai ini dengan hamparan pasir putih, rasanya saya tak ingin memejamkan mata. Sangat memesona. Lokasinya terbilang sepi, pantainya pun bersih dari sampah plastik, dan panorama sekeliling pantai sangat aduhai, dari situ kita seperti berada di pojok pulau. Pokoknya posisi yang cuhuyyy..!!

nih dia pantai pilihannya ^^
Pas masuk kepantai ini, saya langsung dihampiri penjaga pantainya, Mas Maman namanya, nah pria berpostur tubuh gemuk ini langsung menawarkan banyak keunggulan pantai ini. Salah satunya yah kenyamanan yang dia janjikan, “pokoknya dipastikan nyaman deh, nanti kalo ada yang mau booking lagi, saya alihkan ke pantai lain, jadi Cuma rombongan mas dede yang ada disini,” ucapnya “satu lagi mas, kita kasih diskon spesial untuk naik banana boat,”

Untuk booking pantai ini, kita dikenakan tarif 250.000 rupiah untuk rombongan Bus Besar, nah tarif tersebut termasuk tempat untuk “gelar” tikar. Banana boat yang semula 30.000 rupiah per orang pun di kasih diskon menjadi 15.000 rupiah per orangnya. Fantastis bukan? ^-*

Luasnya pantai, menjadi andalan sejumlah masyarakat kabupaten serang untuk mencari nafkah, yah salah satunya mas Maman tadi, setiapharinya hanya mengandalkan wisatawan yang datang. Hal serupa pun dirasakan Bu Tati, penjaga pantai yang satu ini membuka warung di pinggiran pantai dengan harapan menambah penghasilan. Mas Maman  dan Bu Tati merupakan penjaga pantai yang berbeda tempat, namun memiliki misi yang sama, ingin pantai anyer dikenal banyak orang dan menambah penghasilan.

Bicara mengenai pebghasilan mereka mengaku uang yang dibayar oleh wisatawan masih saja dimintai oleh aparat setempat. “mas, uang masuk dari rombongan itu nantinya kita bagi juga ke polisi, yah, kalo lagi ada rombongan yang datang, nanti tuh ada aja yang nyamperin kita dan minta retribusi juga,” aku Bu Tati dengan melas dan sambil menyuguhkan segelas kopi kepada pembelinya.

Pantai Anyer yang sangat memesona ini, masih dimiliki oleh masyarakat setempat, dan pengelolaannya pun dilakukan secara gotong royong. Namun hanya beberapa saja yang dimiliki warga selebihnya telah di garap perusahaan.

Semoga pesona Anyer tetap diidamankan wisatawan, baik lokal atau pun mancanegara.



Salam

12 komentar:

  1. belum sempat ke sana lagi.. tapi apakah lebih bagus dari pangandaran..?

    :-)

    BalasHapus
  2. kayaknya si pantai pangandaran better than anyer dah.. :D hahahhaha tapi saya belum pernah ke pangandaran mba, so anyer masih nuber 1 lah.. :D

    BalasHapus
  3. ayo nabung buat jalan2 :D
    -arie-

    BalasHapus
  4. hahahha,,, Sip Sip Nabung :D

    BalasHapus
  5. wah penasaran nih ama pantainya,
    akhir pekan ini bisa dah kesama buat liburan

    BalasHapus
  6. Anonim4/25/2012

    mas dede saya mw berlibut kesana sama teman kantor saya, kira kira 2 bus,, mungkin tempat yg mas tuju itu cocok untuk saya dan teman kantor saya,, bisa tw ga di mana tempat pasti'a atao alamatnya pantai itu.. cuz saya lg butuh rekomendasi tentang anyer..mungkin yg saya butuhkan itu , yg pasti pantai yg indah, ombak hehe, dan cottage ato saung saung gtu lah (cuz ini family day ) jd pasti ada yg bawa anak kecil/ balita.. mohon rekomendasinya ya mas.. cuz anyer itu luas bgt,, jd saya kurang tw tempat yg bagus bagusnya dmna ajj,, mungkin kan mas lebih tw (yg sering kesana ) hehehehe.. please reply yaa..

    thankz


    reply ke e-mail saya ya mas.. punk_ny0@yahoo.com

    BalasHapus
  7. Kalau sudah lewat tol serang gampang kok mas, tinggal pilih aja pantai mana yang mau di kunjungi :)

    Terpenting harus survai dulu mas, karena harus booking tempat dulu.

    BalasHapus
  8. oke sip saya kirim info By email

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro, kayanya gw interest bngd sm lokasi pantai ini... rencana nya kamis ini mw mluncur ksana.. ada panduan lokasi bro? Klo ada mngkin location from google map...Thanks berat broo

      Hapus
  9. Pantai anyer dan pantai carita..
    memang masih menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan domestik dan mancanegara.
    Pantai carit indah banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro, kayanya gw interest bngd sm lokasi pantai ini... rencana nya kamis ini mw mluncur ksana.. ada panduan lokasi bro? Klo ada mngkin location from google map...
      Thanks berat broo

      Hapus
  10. gw pengen dateng lagi nih ke pantai anyer. tapi sayang posisi jauh :(

    BalasHapus

Jangan Lupa untuk meninggalkan jejak disini.. Ok?? "komentar"