2/06/2012

Prosedur Service Kamera Olympus Di Jakarta

Awal Januari 2012 lalu saya agak kesulitan cari info service kamera Olympus yang resmi serta prosedurnya. Info di google terbatas. Hingga akhirnya harus berkali-kali telepon ke OCCI (Olympus Customer Care Indonesia). Melalui postingan ini mudah-mudahan bisa membantu Anda yang mungkin mengalami hal sama seperti saya.

Entah apa penyebabnya tiba-tiba kamera poket saya, Olympus T110 lensanya macet di luar, jika  mau motret LCD blank hitam. Tapi saat di preview muncul gambar yang tersimpan di memory.

Setelah saya telepon call center olympus. Saya langsung datang ke OCCI di Jl. Gunung Sahari Raya No. 78 Lt.3A Jakarta Pusat.

Gedung OCCI ini ternyata 'gabung' dengan gedung Bank Mega. Kalau dari arah harmoni anda bisa ambil arah ke JL. Juanda Raya, dari situ kearah pasar Baru dan lurus saja. Sampai di perempatan anda ambil arah menuju senen (kekanan). Gedungnya di sebelah kiri pom bensin Pertamina. Kalau mau tanya ke orang (pedagang di trotoar) bilangnya gedung konika, karena mereka lebih kenal gedung konika.

Perlu Anda persiapkan beberapa dokumen yang harus dibawa :
  1. Jika masih ada garansi, wajib bawa kartu garansi kamera anda
  2. Bukti pembelian kamera tersebut (invoice/struk dari toko tempat anda beli kamera)
  3. Bawa kartu identitas (KTP/SIM/Paspor)
Poin 1 dan 2 ini sangat di perlukan jika masih garansi. Karena masa garansi akan di tentukan berdasarkan tanggal pembelian yang ada di invoice/struk tersebut. Kalau tidak ada maka akan disesuaikan dengan tanggal produksi, tentunya itu merugikan kita. Karena tanggal produksi pasti lebih lama dibanding tanggal pembelian kita (contoh: produksi tanggal 8 Juli 2011. Tanggal beli 1 februari 2012), otomatis waktu garansi akan terpotong juga.
Jika dokumen yang diminta lengkap, saatnya anda menceritakan kerusakan dari kamera yang mau di service. Kemudian akan di periksa selama DUA HARI (kamera di tahan). Anda akan mendapat tanda terima service nah itu harus di simpan. Setelah itu kita tinggal tunggu kabar dari OCCI.

Pas dua hari akan dapat kabar melalui SMS.(baru kali ini dapetin perusahaan resmi dan lumayan besar tapi ngasih kabar ke customernya HANYA melalui SMS) Isi SMS itu menjelaskan kerusakan/sparepart yang harus di ganti. Dan estimasi biaya yang akan diminta. Kita pun diminta untuk mengkonfirmasi lanjut service atau mau di cancel. Jika tidak di balas selama dua minggu, maka dianggap cancel.

Jika anda membalas lanjutkan! tapi saat itu, saya telepon ke nomer yang SMS saya 'yah untuk memastikan ini asli dari olympus atau penipuan. Kalau anda sudah deal untuk lanjutkan service. Maka akan ada syarat sebagai berikut :
  • Kirim Uang/DP sebesar 30% dari total biaya. (dia telah menentukan jumlahnya) ke nomor rekening BCA yang mengatas namakan PT. Optima Digital Precision.
  • Fax bukti transferan tersebut beserta tanda terima service.
Kemudian tinggal tunggu kabar kapan kamera anda selesai di service. Lagi-lagi kabar ini HANYA melalui SMS. Jadi selama masa service pastikan HP anda aktif selalu. Waktu proses perbaikan paling cepat 2 hari dan jika sparepartnya inden maka proses pengerjaan minimal 1 bulan.

Saat anda mengambil kamera yang telah selesai di service. Jangan segan-segan untuk mengecek hasil servicenya, potret sepuas-puasnya dulu sebelum pulang. Karena khawatir hasil jepretan tidak 100% pulih sempurna. Yah walaupun pasca service anda akan mendapatkan garansi sparepart selama 30 hari.

Kalau saya sendiri TIDAK puas dengan hasil servicenya. Nyesel waktu di Lokasi gak ngetes 'sampe detil. Sampai di rumah hasil jempretan gak sebagus dulu, gak bisa fokus jika objek yang mau saya foto jaraknya 4 meter. Mau balik lagi udah gak mood, kejauhan. Biaya service juga lumayan mahal 290 ribu, katanya si buat ganti lensa.

Sekian, semoga bermanfaat!

salam
Serba Serbi Kehidupan (SSK)

38 komentar:

  1. kamera saya olympus SP600. baru dibeli bulan desember 2011 kemarin. tapi, entah kenapa LCDnya ada item2nya. kata teman yg ngerti, itu namanya death pixel (kalo ngga salah). waktu beli saya dapat kartu jaminan service dari toko. kartu garansinya itu atas nama JAYA DIGITALINDO UTAMA. tertera 3 nomor telepon. tapi ketiganya tidak bisa di telepon sama sekali! ngeselin banget yah.
    saya juga dapat info dari internet kalo servis olympusnya itu sebenarnya ada di gunung sahari itu. setelah baca ulasan anda saya jd agak kecewa. saya merasa tertipu (atau memang saya yang bego). setelah telfon ke garansi resmi olympusnya, dia memberikan 2 opsi. mau ditukar tambah, atau di servis. kalo di servis, saya harus bayar biaya servisnya plus biaya LCD nya. total harganya hampir sama kaya waktu saya beli kamera itu. nah kalo tukar tambah, kamera saya akan diganti dengan tipe olympus SZ10 dan saya harus bayar lagi 2,2 juta. harga kamera sz10 sendiri 2,9an. jadi kamera saya dihargai 1jutaan. . . haduh2.. tau gitu saya beli kamera yg bagusan aja ya. trus belinya di tempat yang resmi. dan sebelum beli tanya2nya detil sedetil2nya. karena waktu itu ngga check garansinya segala,.
    thx inpohnya ya.

    BalasHapus
  2. @Rahera : haduhh sayang banget, baru 3 bulan. TT.TT sabar sabar, semoga bisa dapat yang lebih bagus lagi, aminn... Semoga menjadi pelajaran yang berharga. Tapi coba di service di tempat yang berbeda, mungkin harga bisa lebih murah, temen saya betulin LCD kamera digital Canon Rp. 500rb.

    BalasHapus
  3. "mau motret LCD blank hitam. Tapi saat di preview muncul gambar yang tersimpan di memory."
    keadaannya sama dengan punya saya, tapi punya saya merk canon. kata service resminya kerusakannya apa?

    BalasHapus
  4. Kata tukang service, lencanya yang rusak bang :)

    BalasHapus
  5. Anonim7/09/2012

    ada yang tau ngak tempat lain yang bagus untuk service olympus, soalnya saya punya X-2 sama mati total. Ngak bisa dicharge.

    BalasHapus
  6. Anonim8/18/2012

    saya baru beli olympus vr 350 belum sampe 1 minggu eh tiba-tiba pas lagi asyik motret kamera mati di nyalain lagi juga udah ga bisa. saya coba cabut batre dan di pasang lagi juga tetep ga nyala. waduh gimana ya? apa batrenya habis? apa itu juga sama kayak cerita yang ini?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke Tempat service aja!

      Hapus
    2. untuk VR 350nya gimana nich??? apa kerusakannya??? soalnya saya punya sama... blank... hanya saja saya sempat copy foto ke komp.... trus tiba2 mati... ampe skrg gak mau nyala lagi... gak bisa dihubungkan ke komputer lagi =(

      Hapus
    3. untuk VR 350nya gimana nich??? apa kerusakannya??? soalnya saya punya sama... blank... hanya saja saya sempat copy foto ke komp.... trus tiba2 mati... ampe skrg gak mau nyala lagi... gak bisa dihubungkan ke komputer lagi =(

      Hapus
  7. Anonim8/30/2012

    terimakasih. Info yang bermanfaat.

    BalasHapus
  8. ada yg tau g service camera di daerah tasikmalaya??
    Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo daerah tasik saya gak tau mas, coba telp call center aja, di buku garansi.

      Hapus
  9. Terima kasih untuk infonya yang bermanfaat, kemarin saya service lensa olympus m.zuiko 14-42mm (masih dalam masa garansi). Prosedurnya mudah (kartu garansi, nota penjualan dan KTP), waktu servicenya juga cepat (3 hari kerja sudah selesai). Informasi status pengerjaan melalui SMS dengan jelas, saya juga melakukan konfirmasi lewat telepon dan dilayani dengan baik.

    BalasHapus
  10. Anonim6/05/2013

    Kejadian sama, kamera blank tapi bisa foto, diupload juga ada gbrnya, diservice juga percuma, saran beli jgn di toko yg jual elektronik di mall, beli pada tempat yg khusus jual kamera, pegel juga kalau sdh servis msh blur gambarnya ...

    BalasHapus
  11. Ane beli kamera yg tough 8010 dengan harapan bisa foto-foto dikala snorkeling ato di kolam renang. Baru beli 1bulan yg lalu. Ane tes di kolam renang, baru dapet 4x foto tiba2 kamera hang dan mati.
    Ini masih ada garansi rencana bsk ane mo komplain ke service centre nya.
    Asli kecewa bukan main. Ga lagi2 deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar mas, semoga masalahnya cepat selesai. coba segera ke service centernya, dan apstikan struk pembelian dan buku garansinya di bawa.

      salam,

      Hapus
  12. mas, tau gk jam operasional OCCI itu hari apa dan sampe jam brp?
    saya mau telpon gk nyambung2..
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resti, maaf baru jawab. jam operasionalnya senin-jumat (tapi kalo gak salah sabtu juga buka setengah hari). jam kerja. mungkin saat resti telpon, mereka masih libur lebaran :D

      semoga masalahnya cepat selesai ya :)

      salam,

      Hapus
  13. mau tanya kalo service center olympus daerah bandung dimana ya ?

    BalasHapus
  14. wah membaca kisah atau share di atas mengenai seluk belum servis camera yang rusak mah menandakan kurang profesional nya di dalam garansi kepusan pelanggan ...wah padahal saya juga mau servis camera saya yang tiba tiba buat ambil foto gambarnya kadang puith semua di lensanya dan kadang keluar garis garis salur banyak sekali , kalau buat video shooting gak masalah gambar bisa jernih ...terus ada gak para pembaca yang bisa kasih ide ..buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tahu kameranya merk apa?kalau melihat gejala yang timbul kemungkinan besar sensor cahaya yang ada di depan lensa kamera.sebaiknya dibawa ke service center aja.Agus 087885140483

      Hapus
  15. LEBIH BAIK BELI CAMERA DIGITAL SONY (CYBERSHOT) SERVICE CENTERNYA BANYAK

    BalasHapus
  16. hmmmm, ada yang mau beli charge kamera olympus ga ya?? lensanya juga kayaknya rusak, layarnya selalu blur kalo dinyalakan, daripada service lebih baik jual aja kali ya,,,

    BalasHapus
  17. waduh, mahal juga ya. kamera saya olympus sedang bermasalah juga kadang bisa motret kadang ada tulisan minta cek status lensanya. saya pikir ada banyak tempat service centernya dan pelayanannya menyenangkan. Jadi pengen cari alternatif lain deh kalau begini , ada informasi ga ya?

    BalasHapus
  18. mahal euy...
    udah ga bisa retur ya gan??
    padahal klo bisa retur khan agan dpt yang baru... #siul

    BalasHapus
  19. boleh minta camera olympus di indonesia??jakarta??rencana mau beli ol TG 630, ada yang udah pernah pake??

    BalasHapus
  20. Punya olympus, tp saat di nyalain cuma teks olympus aja trs mati lagi, dan nyala lagi terus berulang-ulang , itu kenapa yah?

    BalasHapus
  21. Anonim3/05/2014

    Mas saya baru beli olympus pen lite epl3 belom saya apaapakan hanya uji coba foto 2-3 foto tapi saya pengen jual lagi karna ngerasa kurang cocok ama slr yang kecil kirakira kalo mau dijual lagi baiknya kemana dan berapa ya?? Spesifikasi masih lengkap dan dalam garansi 3 tahun..

    BalasHapus
  22. Kecewa banget,,baru beli camera olympus ,besoknya udh mati total gak bisa dipake,,

    BalasHapus
  23. mas saya beli camera olympus T100....sdh 3 bln saya pakai...awal kerusakannya waktu on/of cameranya zoom 2 sampai 3 kali...tapi cameranya bisa dihidupkan. sampai sekarang saya masih bisa melihat foto yg tersimpan di memori internal camera.....yg dipertanyakan bagaimana cara mengatasi dan apa kerusakannya sehingga tdk bisa lgi mengambil gambar...aq tunggu balasannya mas....trima kasih sbelumnya.....!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nau, coba kalau masih garansi coba ke tempat service olympus aje. hehehe, di sini saya cuma nulis sedikit kekecewaan juga si, jadi bukan pakar kamera hehehehhe :D terima kasih sudah berkunjung.

      *salam

      Hapus
  24. senin kemarin masukkin kamera Tough 8000, hari ini dapet sms, kerusakan di Rubber Middle, Circuit Board Main, Contact Battery, Frame Main, Cabinet Rear Unit, Total Biaya 1,7jt sajaaahhh....ampuuuunnnnn!!!

    BalasHapus
  25. Anonim5/06/2014

    kayaknya memang olympus skg ga bener deh. saya beli kamera olympus baru dari katalog galery kartu kredit xxx tapi charger untuk baterainya ga fungsi. trus jga kameranya baru dipake dipasang baterai baru dibuat foto 1 2 kali baterai drop. di telp ke service centernya ga diangkat2 yang ada di list. jadi sampe sekarang cuma jadi bangkai aja dilemari. malaslah beli olympus lagi. kapok banget.

    BalasHapus
  26. Olympus sekarang PARAHHHHHHHHH,itu kata tepat yang bisa saya ungkapkan.
    Beli Kamera Olympus VG-170 tahun 2012 kemudian kerusakan yang terjadi :
    1. Belum sampai 1 tahun, pada saat di cas karena lowbat langsung LCD mati dan tidak menyala sama sekali. Bawa ke OCCI dan dibilang harus ganti LCD.
    kurang lebih 2 Minggu kemudian di SMS dari OCCI barang sudah selesai diperbaiki dan tidak ada biaya perbaikan. Pada saat saya ke sana ternyata barang masih rusak sama seperti sedia kala akhirnya diperbaiki kembali dengan no service yang sama. 2 minggu kemudian datang lagi dan akhirnya sudah diperbaiki.


    2. Selang beberapa bulan kemudian karena saya jarang menggunakan kamera ini pada saat lowbat kemudian di cas,kerusakan yang sama terjadi kembali. LCD MATI TOTAL.
    3 Hari yang lalu dibawa lagi ke OCCI dan kemarin di sms lagi oleh OCCI bahwa LCD rusak sama seperti kerusakan pertama kali. No service olympus : ANX14tt-002897. dengan kali ini saya harus bayar untuk mengganti LCD sebesar Rp. 342.000. sampai saat ini saya belum memutuskan mau perbaiki BARANG SAMPAH seperti itu atau tidak.

    Dan sungguh mengecewekan sebuah merek kamera yang sudah terkenal bertahun-tahun seperti ini hasilnya.
    Saya membagi pengalaman,supaya dijadikan pertimbangan dulu kalau mau membeli kamera pocket olympus.

    OLYMPUS LEBIH BAIK JUALAN BARANG BEKAS SAJA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


    BalasHapus
  27. mustopo,27/8/2014.

    Saya punya kamera olympus sz 14,saya beli baru.dapat 6 bulan kamera tidak dapat di pakai:
    - Lensa tidak berfungsi (tidak bisa keluar atau masuk).
    - LCD hidup, saya masih bisa melihat gambar yang tersimpan di memori.
    apa yang salah dengan kamera sz 14 saya.
    berapa biaya perbaikanya...?



    Balas

    BalasHapus
  28. Anonim9/04/2014

    thanks info nya semua

    BalasHapus
  29. Anonim9/04/2014

    camera saya juga rusak beli agustus tahun kemarin pas peluncuran camera merk VG-150, waktu itu saya lagi pakai untuk foto'' lebaran akhir juli kemarin, setelah camera saya matikan dahulu, dan saya nyalain lagi ga bisa, sialannnn, padahal ga kenapa'' cuma dinyalain ga bisa, ada yang bilang kata teman saya memang umur cameranya segitu, dan memang kelemahan olympus dai LCD nya sudah terbukti, dan camera saya hampir banget'' genap 1 tahun, dan tgl 2 september kemarin saya datang ke OCCI di jalan gunung sahari, ternyata suruh tunggu 2 hari, setelah 2 hari ada konfirmasi melalui message, sya kaget dengan harga 393.000, padahal saya beli 970 ribu udah termasuk memori, tapi saya bingung, mau cancel boleh ga yah sekalian saya ambil cameranya

    BalasHapus
  30. Anonim9/08/2014

    Saya punya olympus mju mini biru & itu sdh lebih dari 6 thn.
    Olympus menurut ak, termasuk kamera poket yg hasil gambar nya tajam.
    Cuma sayang kalo gerak dikit "BLUR". Jadi mau ga mau harus pake tripod.
    Selama ini olympus ku sdh menjelajah berbagai sudut negeri. Agak sayang mau jual. Tapi perkembangan jaman, sudah waktu nya di ganti. Ak mengincar stylus tough tg 3. Kenapa ak pilih olympus lagi, yah karena hasil nya tajam utk ukuran kamera poket.
    Yang jadi masalah, adakah dealer resmi olympus di area jakarta pusat atau selatan yang bisa tukar tambah??? Trims yaa

    BalasHapus

Jangan Lupa untuk meninggalkan jejak disini.. Ok?? "komentar"